Searching...
Friday, September 14, 2012

Cara Ganti Akun Gmail Utama Di Smartphone Android


Cara Ganti Akun Gmail Utama Di Smartphone Android - Kali ini abdhiroid akan berbagi materai menganai  Cara Ganti Akun Gmail Utama Di Smartphone Android. karena ada salah seorang teman saya mengalami masalah seperti ini,ingin download aplikasi di andoird market,tapi lupa password gmailnya.

Berikut langkah langkah mengganti Akun Gmail Utama Di Android :


Untuk yang sudah diroot:
- Download Root Explorer, aplikasi ini sudah dicabut dari market. Maka download saja dari tempat lain dengan keyword google ‘Root Explorer.apk’ lalu install.
- Buka Root Explorer > Data > System > cari Account.db > Delete. Selesai.
image
image
image
Yang menandakan apa akun utama sudah berhasil dibuang atau belum bisa dilihat dengan cara restart handphone. Lalu buka Gmail. Bila diminta memasukkan akun, berarti proses move on penggantian akun berhasil.
Lebih enak bagi handphone yang sudah diroot, karena tidak akan kehilangan harga diri apa-apa.
Sedang handphone yang belum diroot dan harus menggunakan factory reset, lebih baik back up contactnya, karena saat factory reset, semua contact, aplikasi yang didownload dan terinstall akan hilang, serta semua setting akan kembali seperti awal.

Untuk yang belum diroot:
- Buka setting > Application > Manage Application > cari Google Apps > clear data. (Cara ini belum saya coba, karena saya tidak dapat menemukan pintu hatinya aplikasi tersebut). Hingga satu-satunya jalan adalah: Factory reset (jangan checklist di kolom format memory card bila memang tidak ingin memformat memory card).

Cara Tambahan :

Cara # 1: Hapus Akun Gmail Android melalui menu pengaturan akun & sinkronisasi

Apabila Anda ingin mengganti akun tambahan (bukan akun utama), maka Anda dapat melakukan cara #2. Sebenarnya, cara ini dapat juga digunakan untuk mengganti akun utama Gmail / Google, namun sayangnya hanya  bekerja di beberapa tipe handphone atau tablet Android saja, khususnya yang telah menggunakan sistem operasi sistem operasi Gingerbread keatas. Berikut caranya:

1. Masuk ke menu Settings (pengaturan)
2. Klik Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi
3. Klik pada akun Google yang mau dihapus
4. Klik Remove Account (Hapus Akun)

Cara #2: Factory Reset handphone Android Anda

Pada artikel kali ini saya tetap akan menginformasikan cara menghapus akun Google dengan cara factory reset sebagai informasi bagi yang belum tahu.

Apa itu factory reset Android?Factory reset atau reset data pabrik adalah metode untuk mengembalikan handphone Android ke kondisi standar atau seperti baru keluar dari pabrik. Proses ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang terinstall di handphone/tablet Android, termasuk akun Gmail (Google) yang terintegrasi dengan perangkat. Jika Anda ingin melakukan factory reset, sebaiknya backup dulu data-data atau file yang penting.

Berikut cara factory reset Android:

1. Tekan tombol HOME: Anda akan dibawa ke layar utama
2. Tekan tombol MENU > klik Settings (pengaturan)
3. Klik Privacy (privasi)
4. Klik Factory data reset (reset data pabrik)
5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai

Sebagai catatan, factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan segala masalah yang berhubungan dengan software Android. Misalnya jika ada salah satu fitur yang tidak berfungsi, sebagai contoh wifi atau bluetooth error atau jika handphone atau tablet Android Anda kinerjanya menurun bila dibanding saat baru pertama beli.

Cara #3: Hapus akun Google melalui menu pengaturan aplikasi

Cara menghapus akun Gmail di Android ini dapat diterapkan pada handphone yang masih menggunakan sistem Android Froyo atau sebelumnya. Berikut caranya:

1. Masuk Ke Settings (Pengaturan)
2. Klik Applications (aplikasi)
3. Klik Manage Applications (kelola aplikasi)
4. Geser layar handphone keatas, kebawah, cari dan klik aplikasi “Google Apps”.
5. Setelah Google Apps di klik > klik “Clear data” (Hapus Data) > klik OK
6. Restart handphonenya, setelah itu buka aplikasi Gmail atau Android Market > anda akan diminta untuk memasukkan akun Google yang baru

Bila Anda tidak dapat menemukan “Google Apps”, coba perhatikan pada saat Anda masuk ke menu Manage Application (kelola aplikasi), lihat di atas layar, apakah ada tulisan Downloaded (Terunduh), All (semua), On SD card (pada kartu SD), dan Running (Berjalan). Bila ada tulisan tersebut, maka untuk menemukan Google Apps, Anda harus klik “All” (semua).

Bila Google Apps tetap tidak dapat ditemukan, berarti cara#3 tidak dapat diterapkan pada handphone Anda.

Catatan: Bila setelah Anda mengklik “Clear Data” untuk aplikasi Google Apps dan ternyata aplikasi Gmail berfungsi dengan tidak normal, maka Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cara “Clear Data” Aplikasi Gmail. Caranya sama, yaitu melalui menu Settings > Applications > Manage Applications > cari aplikasi Gmail > klik “Clear Data”

Sekian Informasi Mengenai Cara Ganti Akun Gmail Utama Di Smartphone Android  saya yakin ini sangat membantu anda para pengguna android utamanya yang sering download aplikasi melalui google play.

Abdhi Griffindors ^_^

3 comments:

Berikan Komentar yang bijak ,saran dan kritik yang membangun